Cara Mengatasi Mobil Penyok

1 min read

CARA MENGATASI MOBIL PENYOK

Saat mobil mengalami penyok tentunya sebagai pemilik akan timbul perasaan tidak senang, sebab mobil menjadi tidak sedap dipandang mata. Karenanya banyak orang yang berlomba mencari bagaimana cara mengatasi mobil penyok tersebut. Sebenarnya hal itu bukanlah sesuatu yang sulit. Karena ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan, diantaranya :


1. Menggunakan Air Panas

Menggunakan Air Panas

Siapa sangka jika air panas yang selama ini mudah untuk didapatkan menjadi cara untuk mengatasi mobil penyok efektif. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan panas dari air untuk membengkokkan besi yang ada pada mobil. Hal yang perlu dilakukan juga cukup mudah. Pertama siapkan air panas untuk disiram ke bodi mobil yang penyok.

Ada baiknya jika air panas tersebut ditampung dengan menggunakan wadah seperti teko air dan lainnya supaya bisa dituangkan sedikit demi sedikit. Ambil lap kain, lalu tekan perlahan bagian mobil yang penyok supaya kembali ke bentuk semula. Tekan perlahan, dan jangan terlalu keras supaya body tidak tambah penyok atau bahkan menjadi pecah.


2. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Menggunakan Hair Dryer Dan Cairan Karbondioksida

Kalau tadi air panas yang digunakan untuk melenturkan besi, maka sekarang menggunakan hair dryer yang panasnya dimanfaatkan untuk melenturkan bodi mobil. Bahan yang perlu dipersiapkan juga sederhana hanya hair dryer dan juga cairan karbondioksida. Setelahnya jika kedua bahan sudah siap mulailah panaskan bodi mobil yang penyok.

Untuk lamanya memanaskan ini tergantung dari seberapa parah penyok tersebut. Apabila parah, maka biasanya membutuhkan waktu yang lama. Panaskan dengan hair dryer lalu semprotkan karbon dioksida cair pada bagian yang sudah dipanaskan tersebut. Lalu tekan bagian yang sudah disemprot tersebut sampai kembali ke bentuk semula.


3. Menggunakan Pops A Dent

Menggunakan Pops A Dent

Lalu cara mengatasi mobil penyok yang selanjutnya adalah dengan menggunakan produk tambahan yang bernama pops a dent. Produk yang satu ini unik karena bisa dibilang memperbaiki penyok tanpa merusak cat ataupun besi yang ada pada mobil. Cara penggunaannya pun mudah.

Pertama pengguna menentukan ukuran pad lam yang harus disesuaikan dengan ukuran penyok pada mobil. Lalu panaskan lem yang disediakan selama kurang lebih 5 menit, dan jangan terlalu berlebihan. Setelahnya biarkan lem mengering dan jangan sampai lem tertempel lebih dari 8 menit. Pengguna juga harus memastikan apakah lem sudah benar-benar lengket apa belum.


4. Menggunakan Es Batu

Menggunakan Es Batu

Cara yang ini mungkin sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali. Dengan hanya bermodalkan es batu, maka penyok pada mobil bisa diperbaiki. Caranya mudah, pertama siapkan dulu bahan-bahannya yakni kompresor angin, es batu, dan hair dryer (pengering rambut). Lalu letakkan es batu pada bagian mobil yang penyok kira-kira 2 menit.

Perhatikan apakah sekitaran tempat tersebut sudah mulai terbentuk butiran-butiran kecil yang seperti salju. Apabila sudah, maka cabut es batu tersebut lalu langsung dengan memakai hair dryer untuk menghilangkan penyok mobil. Cara ini dinilai efektif untuk menghilangkan penyok yang tidak terlalu parah pada mobil.


5. Menggunakan Vakum

Menggunakan Vakum

Terakhir adalah menggunakan vakum yang memang disediakan khusus untuk bisa mengatasi penyok pada mobil. Sama seperti kinerja vakum pada umumnya yang menyedot sesuatu. 

Namun vakum ini didesain bukan untuk menghisap kotoran, melainkan didesain untuk menyedot permukaan mobil yang mengalami penyok sehingga bisa kembali ke bentuk semula. Penggunaan vakum ini juga sangat mudah dan tidak menimbulkan resiko yang berbahaya.

Ternyata ada banyak sekali cara mengatasi mobil penyok yang bisa dicoba. Bahkan semuanya menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Sehingga saat terjadi penyok pada mobil, pengguna tidak perlu lagi merasa bingung ataupun panik. Karena semuanya bisa diatasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Mobil Penyok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *